Nagging Screen dari Printer Epson C90

11Feb09

Jika kita mencetak dengan Printer Epson C90, sebuah jendela aplikasi monitor printer akan muncul dengan menampilkan informasi seputar pencetakan, yaitu  status tinta printer, spooling progres, dll. Pengalaman saya menggunakan Printer Epson C 90 ini, jendela monitor printer tersebut tidak dapat ditutup setelah pencetakan selesai.

Jendela yang menjengkelkan

Epson C90 nagging screen yang menjengkelkan itu...

Tadinya saya menggunakan Sistem Operasi Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2. Dengan XP SP 2 ini, ada beberapa trouble yang terjadi pada printer Epson C90. Untuk menampilkan Print Properties dari Microsoft Words saja butuh waktu loading yang lama. Itu trouble sebelum mencetak atau ngeprint. Setelah mencetak, trouble yang muncul adalah munculnya jendela aplikasi Epson yang tidak bisa ditutup. Jendela itu juga menutupi aplikasi lain yang sedang saya jalankan. Tingkah lakunya persis seperti sebuah aplikasi yang di-set Always Show On Top seperti pada Winamp atau Windows Media Player. Jika di-close, jendela ini akan muncul lagi dan lagi. Mematikan aplikasi lewat ask Manager juga sia-sia. Di Task Manager, terlihat ada 3 buah process E_FARNBZP.EXE. Jika salah satu di-End Process atau End Process Tree, jendela itu masih tetap saja muncul.

Task Manager juga tak mampu membunuhnya..

Task Manager juga tak mampu membunuhnya..

Saya mencoba mencari solusi masalah ini di internet. Salah satu saran yang tersedia adalah dengan menginstall ulang Windows (**doh! -tepok jidat- ini karena nggak ada solusi yang lebih baik). Tapi hasilnya pun tidak terlalu memuaskan. Setelah menginstall Windows XP SP 3, masalah nagging screen ini masih saja muncul. Untungnya, masalah loading printer yang lama sudah dapat teratasi.

Karena tidak memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini, saya menggunakan pendekatan lain. Solusi yang saya tempuh adalah bagaiaman memudahkan saya untuk mematikan aplikasi tersebut kalau sudah bertingkah menjengkelkan. Saya membuat sebuah file batch process (file berekstensi .bat) yang berisi perintah mematikan aplikasi yang menjengkelkan tersebut. File tersebut saya letakkan di desktop agar lebih mudah di-klik untuk menjalankannya.

Listingnya sederhana:

taskkill /f /im E_FARNBZP.EXE

Bagaimanapun juga, saya masih menantikan solusi untuk mengatasi masalah, bukan menghadapi masalah. Jadi kalau ada yang punya saran cespleng, kasih tahu ya!



14 Responses to “Nagging Screen dari Printer Epson C90”

  1. 1 Robert

    Saya juga pernah tuh kayak gitu masalahnya…. Kalo dah keluar window yg kayak gitu trus ga bisa ditutup dan mengganggu kerjaan karena ga bisa buka aplikasi yg lain, langsung aja saya reset computer terus saya unistall printer drivernya, terus install ulang lagi driver printernya. Beres dah. Emang sich, suatu saat nanti masalah kayak gitu pasti muncul lagi. Ya kalo gitu lg, ya saya install ulang lagi printer drivernya… Emang ga kasi solusi 100% clear ga bakalan kambuh lagi, tapi kan mendingan dari pada install ulang windows xp-nya….

  2. 2 William

    Pas gw juga dapet masalah nyang sama. Pas ngeliat-liat di yahoo ada solusi :

    1. Coba masuk ke star menu – printers and faxes – pada printer C90 klik kanan – pilih printing preferences – maintenance – spees & progess – nah disitu unchecklis semua kecuali yang high speed copies – ok

    2. masuk Control panel – Printers and Faxes – Epson Sylus C90 series – Klik kanan – printing preferences – Maintenance – Speed & Progress – beri centang disable EPSON status monitor 3. – OK – OK

    itu klo menghilangkan status monitornya,
    status monitor bawaan dari epson c90 memang seperti itu, terkadang jika tinta mau habis pun demikian, menurut saya, men disable status monitor jalan terbaik.

    supralova.comli.com

    Menurut gw solusi 2 yang bener, tapi yang di pilih jadi jawaban terbaik malah solusi pertama. Gw juga belon nyoba, ntar minggu baru nyobain. Hope it helps…

    • 3 hermaduut

      ya bener, gitu bro status monitor ga bakalan keluar – terus yg pake infus jg ga akan di ganggu sama warning screen genuie epson ink tiap print dokumen

  3. 4 argo

    masukan yang ok.
    aku juga punya masalah yang seperti itu, sampai saat ini belum tau solusinya
    cuman dulu aku pakai windows yang pack 1 trus 2.
    tapi masalah tetep aja muncul muncul
    malahan sekarang tambah parah.
    buat ngeprint panggilnya lama banget.
    untuk satu kali panggil bisa makan waktu lebih dari 3 menit,
    setelah itupun buat printnya pun juga butuh waktu lama, bisa makan waktu 2 menit pula.
    jadi untuk satu kali print aku butuh waktu kira2 5-6 menit.
    masalah gak cuman itu,
    untuk office, untuk buka program yang ada hubungannya dengan print seperti print vie, page set up.
    mikirnya lama banget, kira-kira sama lamanya sama mo proses printnya.
    ofice xp atau 2003 semuanya pernah ku coba. hasilnya tetep nihil.
    tapi jika aku uninstall printernya, program print vie, page set up atau print manggilnya normal.
    untuk printnya sendiri aku sudah pernah aku resetter. hasilnya nihil.
    kompiku ada bebrapa karena semua konek internet jadi semuanya aku share termasuk printnya. untuk ngeprint yang dari kompi lain yang gak terpasang print gak ada masalah, semuanya normal.
    masaah itu timbul di kompi yang ada printernya.
    ada apa ya…
    mohon bantuannya
    thx. banget…

  4. 5 beta

    @argo:

    coba gunakan solusi yang disarankan William.

  5. 6 acun

    itu mah guampang banget..u coba yang punya william kalo gak berhasil g bunuh diri..

  6. 7 bebe

    Epson inkjet memang benar2 bermasalah. Sudah lambat, spoolingnya lama.

  7. 8 cencen

    william good ideas… makasih yawh

  8. 10 mameth

    pakai disable status monitor seperti saran williams ta jamin pasti ga muncul lg

  9. 11 Dodi Adhitya

    Ada cara lain tanpa harus mematikan status monitor, yakni klik printer preferences, pilih maintenance, pilih speed & progress, pilih monitoring preferences, dan hapus seluruh tanda centang di tab event….

  10. 12 arfiono

    Sy sdh lama terkena hal tsb, ketemu jawabannya : OS WINDOWS HARUS yg bener2 PURE ( sukur2 ASLI) , sy pake yg aspal dg ada SP3nya , sd saat ini tidak bermasalah. Malahan ada 2 driver, yaitu C90 & TX300 F dg 1 CPU ngeprint bareng (ke 2 nya modif), no problem. PCMAV srg bikin crash, sebaiknya jgn install RTPnya, stlh pake scan dg PCMAV, sgr exit dr progr tsb. Jd OS WINDOWS yg sangat berperan bro. Semoga membantu

  11. sebenarnya kenapa printer lama karena ada crash
    dan akhirnya dia not responding

    cara untung memperbaikinya jika memang sudah parah dan tidak tahu jalan lain
    ya install ulang Os saya pernah mengalami hal seperti ini
    di karenakan saya ingin mencoba memberhentikan prinat secara paksa di daerah
    komputer management hal hasil malah jadi kacau
    dan mau print susah sekali terkadang bisa terkadang tidak

    saya sudah mencoba untuk uninstall driver tetapi nihil

    tetapi anehnya komputer lain saya coba untuk print bisa dan lancar
    padahal drivernya ad di pc yg tidak bisa print
    (saya bisa print dengan komputer lain karena saya share printernya)

    dan saya mendapat kesimpulan kalau komputer lain aj bisa kok komputer ini ga bisa ya akhirnya install ulang Os barulah bisa

    Os Win xp sp 2 menurut saya lancar saja
    Os Win xp sp 3 menurut saya juga lancar saja

    karena memang saya sudah sering mencobanya

    jika ada yg bermasalah dengan Os Win sp 2 atau sp 3 mungkin saja sp 2 dan sp 3 anda kurang bagus itu kalau yg crakkan

    tapi kalau yg asli mungkin tidak ad masalah soalnya saya juga belum pernah mencoba yg asli

    tapi saya sudah sering mencoba yg aspal baik baik saja sebelum saya sendiri yang merusaknya
    hehehhehehehheee

    smoga bermanfaat

  12. I just could not leave your web site before suggesting that I really loved the
    standard info a person supply on your visitors? Is going to be again
    continuously to inspect new posts


Tinggalkan Balasan

