ngeDesain di Linux makin mantab dengan Pixel

10Jan08

Linux sebagai platform Open Source yang bisa digunakan dengan bebas makin memperkuat diri di sektor desain dan multimedia. Antara lain dengan hadirnya Pixel, aplikasi image editor yang kabarnya mirip Photoshop.

Pixel

Dulu, saya pun ragu dengan keampuhan FOSS bagi para desainer. Masak dengan software-software bebas dan gratis bisa menghasilkan produk yang berkualitas? Lebih masuk akal kalau gambar, poster, dan produk desain yang oke lainnya dihasilkan dari aplikasi-aplikasi yang legendaris. Otak cupet saya ngotot, Photoshop under Mac lah yang terbaik.

Tapi sejak menemukan beberapa orang desainer pengguna Linux, mata saya jadi terbuka. Karya berkualitas pun bisa dihasilkan dari software gratisan! Beberapa karya mereka pun menjadi favorit saya. Mulai dari chickenstrip karya mas Diki (dibuat pake Inkscape under Ubuntu), mas zeus yang baru pindahan ke rumah baru, Ariya Hidayat programmer KDE, dll. Itu yang dari Indonesia lho. Yang dari luar negeri pasti lebih banyak.

Mudah2an dengan banyaknya sarana murah seperti Pixel ini, kita jadi bisa berkarya lebih baik lagi.



3 Responses to “ngeDesain di Linux makin mantab dengan Pixel”

  1. FR ah..
    overall, keren… kaget waktu pencet shift + spasi. cuma tetebh aja.. proprietary software. setiap gambar ada watermark demonya. moga-moga PIXEL kedepan bisa ada yang lisensinya GPL

  2. Justru itu Pung. Dengan hadirnya proprietary software under Linux akan memperkuat Linux sebagai desktop yang tidak alternatif lagi. Artinya Linux telah bergeser dari OS alternatif menjadi pilihan utama. Nah, dari sekian banyak OS komersial siapakah yang penggunanya paling tidak loyal untuk dapat dirayu pindah ke Linux?

    Mungkin faktor ini pula yang membuat Microsoft tidak merilis MS Office for Linux. Padahal MS Office for Mac kan ada tuh. Karena memang MS Windows tidak memiliki kelebihan yang revolusioner. Its not worth enough with the money paid.

  3. proprietary memang udah banyak, maksud sayah, coba ada pixel versi CE (Community Edition).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: