Memantau RSS dengan Live Bookmark di Firefox

07Jan08

Sejak adanya RSS, hidup rasanya semakin indah dan informasi pun semakin deras mengalir ke otak melalui mata, telinga, layar monitor, kartu jaringan, kabel, hub, switch, gateway, router, web server, database, reportase, reporter, sumber sekunder, sumber primer, saksi, pelaku, korban, dst.

Selain menggunakan pemakan RSS, kita juga bisa mengumpan RSS dari browser Mozilla Firefox. Tidak perlu plugin tambahan, fasilitas Bookmark di Firefox sudah menyediakannya untuk kita. Namun, menampilkan RSS di Bookmark sedikit berbeda dengan menyimpan alamat. Gunakan saja Live Bookmarks.

Default instalasi Firefox sudah memiliki satu link pembaca RSS, yaitu RSS dari BBC. Kita dapat langsung meng-klik bookmark Latest Headlines untuk menampilkan link-link berita dari BBC. Link-link tersebut akan membawa kita ke situs asal berita.Latest Headlines from BBC

Menambahkan Live Bookmark 
Untuk menambahkan RSS, bukalah Bookmark Manager. Pilih New Live Bookmark, dan masukkan link RSS ke dalam kotak yang tersedia. Tak lupa beri judul dan deskripsi yang sesuai.

Misalnya kita akan menambahkan RSS Tempointeraktif.Com. Tempointeraktif sendiri menyediakan beberapa pilihan RSS, yaitu: Frontpage, Budaya, Ekbis, Iptek, Digital, Jakarta, Nasional, Nusa, dan Olahraga. Update berita cukup cepat, bahasa enak dibaca dan tampilan juga lebih nyaman dipandang mata.  Nggak seperti Detik.Com yang tampilannya ampuun.. deh.. itu.

New Live Bookmark

Paste RSS Link

Untuk memajang Live Bookmark yang baru saja kita tambahkan ke Bookmark Bar di bawah Address Bar Firefox, jangan buru-buru menutup jendela Bookmark Manager. Drag dulu Live Bookmark baru tersebut ke kategori Bookmark Toolbar.

Drag ke Bookmark Toolbar

Pemasangan RSS Live Bookmark yang berhasil akan menampilkan hasil seperti ini:

tempointeraktif RSS XML

Nah dengan begini kita bisa memantau perkembangan terbaru dari situs-situs yang kita sukai. Bisa menghindari detik.com yang menyebalkan dan sering misleading caption itu. Untuk berita nasional, saya pilih tempointeraktif.com.



4 Responses to “Memantau RSS dengan Live Bookmark di Firefox”

  1. 1 upi

    RSS Feeds tuh sebenernya apa banget siy Bang? aku gak mudeng2… pengertian sederhananya aja…

  2. 2 beta

    RSS itu sebenarnya penyampaian informasi untuk mesin. Maksudnya supaya informasi yang muncul bisa dibaca tidak hanya oleh manusia, tapi oleh mesin.

    Kenapa kok harus bisa dimengerti mesin? Supaya informasi itu bisa menyebar dengan valid. Keuntungan lain adalah info itu bisa menyebar dengan cepat. Tidak perlu membuka situs yang berisi informasi yg kita butuhkan, tapi cukup mengintipnya dari RSS feed dulu.

    Coba kamu buka http://www.tempointeraktif.com/hg/rss/HL_TI.xml di browsermu. Nah itu kan hanya memunculkan isi informasi yang mau disampaikan. Tanpa desain, layout, font, dll. Informasi yang kita ambil dari RSS itu bisa kita tambahi sendiri desain, layout, pilihan font, warna, dst. Tapi isi informasinya tetap berasal dari sumber penyedia RSS itu.

  3. aku pake ThunderBird. Soalnya lebih tertata rapi, terutama mana yang belum kebaca sama udah kebaca.. Mirip email client lah (lah, emang thunderbird itu email client)

  4. 4 beta

    sebenarnya saya juga pake RSSowl di Ubuntu. untuk tulisan newbie kan pilih yang paling gampang. RSS reader utama saya malah bloglines.com. Soalnya kan online, bisa dibuka di mana2. Dulu sempet pake rssfwd.com yang akan mengirimkan RSS update via email. tapi menuh2in inbox. mendingan dipake buat email yg penting dan rada penting aja. ah. tiap orang memang punya pertimbangan masing2..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: