Ancaman Mainan Anak

15Des06

Sewaktu kecil, kepala saya pernah tertancap dart. Hohoho.. Kok bisa ya? Well, waktu itu saya lagi main-main dengan dart abang saya. Maklum, abang punya mainan yang bejibun. Salah satunya ya mainan yang punya ujung logam runcing itu.

Darts game

Tak ingin terkungkung kreativitas plus kagum dengan bentuk ekor yang mirip peluru kendali itu, entah bagaimana muncul ide untuk melontarkannya ke udara. Waktu itu saya bermain di halaman rumah pakdhe yang luas, dirimbuni pohon sawo yang rajin panen *slurrrpp*. Sekali lempar ke udara.. wiiiiww asyiik.. dua kali lempar.. syuurrzzz.. tiga kali lempar.. cep! Dart dengan sukses mendarat di batok kepala saya.

Meski tidak menimbulkan luka serius, tapi kepala saya sempat borokan. Karena takut dimarahi, saya tidak pernah melaporkan kejadian itu kepada orangtua (well, kalo Anda dibesarkan oleh orangtua asal Sumatera berkarakter keras, tentu paham mengapa saya tidak selalu jujur menceritakan kegiatan sehari-hari..).

* * *

Beruntung, di masa ini sudah ada perlindungan konsumen bagi mainan anak. Mainan-mainan yang berbahaya bagi anak-anak, dapat dilaporkan kepada Pemerintah untuk kemudian produsen akan diminta menarik produk bersangkutan dari pasar. Biasanya produsen tak bisa mengelak dari recalling jika telah jatuh korban. Bahkan, sebuah mainan pernah menyebabkan 6700 kecelakaan dengan 4 korban jiwa.

World Against Toy Causing Harm (W.A.T.C.H) adalah sebuah LSM yang memperjuangkan aspek keselamatan pada produk-produk untuk anak-anak. W.A.T.C.H menyediakan kurikulum panduan pendidikan beraspek keselamatan. W.A.T.C.H juga menerbitkan daftar mainan berbahaya tahun 2006. Jangan kaget kalau sepatu beroda yang lagi nge-trend di kalangan anak-anak perempuan menempati urutan teratas daftar tersebut.

Sebuah majalah online juga mendaftar mainan-mainan terburuk bagi keselamatan. Saya tidak terkejut ketika mendapati Jart (sebuah mainan modifikasi dari Dart) menempati posisi puncak. Lha wong saya pernah jadi korbannya.

Worst Toy Jart

Di Indonesia, perhatian terhadap keselamatan mainan anak-anak mungkin belum mendapat tempat utama. Padahal, industri mainan anak di tanah air, sangat menjanjikan.

Tantangan kreativitas inovasi produk mainan anak tidak berhenti pada aspek keselamatan saja. Lebih penting lagi adalah tersedianya sarana yang mendidik, menghibur dan merangsang kecerdasan anak.

Di luar ancaman keselamatan mainan anak, masih ada ancaman lain terhadap hidup anak. Ancaman itu berjuluk televisi.



One Response to “Ancaman Mainan Anak”

  1. 1 sibermedik

    wah..emang bener..kami juga mau buat klasifikasi mainan sesuai umur…
    bisa tolong postingin kasus2 kecelakaan akibat mainan di indonesia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: