Saat-saat menjelang perpisahan…

21Feb06

Hari-hari terakhir ini makin terasa berat bagi saya. Tidak hanya karena menumpuknya tugas kuliah dan masalah di pekerjaan sampingan, tapi lebih dari itu, karena saya menyadari kebersamaan dengan teman-teman di D IV STAN akan segera berakhir. Bahkan sebelum masa perkuliahan usai, saya sudah merasa akan merindukan hal-hal seperti berdiskusi dan ngotot-ngototan dalam suatu forum perkuliahan, menyelesaikan proyek bersama, begadang bersama, guyon, tertawa, sedih, kecewa, terkejut, kesal, semua dirasakan bersama. (idih melankolis amat..)

Perpisahan kali ini jauh berbeda dengan perpisahan ketika saya dulu lulus D3. Dulu saya belum tahu seperti apa rasanya dipisahkan sungai, gunung dan lautan. Dulu saya merasa tak mengapa menghabiskan satu dua tahun di rantau sana. Dulu saya masih merasa dapat menaklukkan dunia. Sekarang, saya sudah merasakan pahitnya perpisahan. Sekarang saya sudah menyerah, tak lagi berontak pada bentangan sungai, gunung dan lautan. Sekarang saya hanya ingin bersama.. Suatu keinginan yang saya sendiri tahu, bahwa itu tidak akan pernah terwujud..

Rasa-rasanya belum cukup ilmu yang saya timba di D IV ini untuk kembali berjuang di medan realita. Rasa-rasanya, tanpa teman-teman di sini, saya hanyalah butir pasir di tengah lautan cadas. Rasa-rasanya, tanpa kebersamaan ini, saya telah kalah tanpa bertanding. Bukan karena saya berkecil hati, cengeng atau manja, tapi karena saya sudah pernah merasakan bagaimana rasanya bersinggungan dengan realita..

Rasa-rasanya saya jadi paham kata-kata seorang biduanita yang saya dengar dari radio tetangga: “Hanya satu yang tak mungkin kembali. Hanya satu yang tak pernah terjadi. Segalanya teramat berarti di hatiku, selamanya..”. Yaitu untuk memutar kembali waktu ketika bersama kalian..



No Responses Yet to “Saat-saat menjelang perpisahan…”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

